Teen’s Corner

Remaja dan Tuntutannya

remaja

Pada umumnya remaja didefinisikan sebagai masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun.

Seperti yang kita ketahui, Remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan. Statemen ini sudah dikemukakan jauh pada masa lalu yaitu di awal abad ke-20 oleh Bapak Psikologi Remaja yaitu Stanley Hall. Pendapat Stanley Hall pada saat itu yaitu bahwa masa remaja merupakan masa badai dan tekanan (storm and stress) sampai sekarang masih banyak dikutip orang.

Menurut Erickson masa remaja adalah masa terjadinya krisis identitas atau pencarian identitas diri. Gagasan Erickson ini dikuatkan oleh James Marcia yang menemukan bahwa ada empat status identitas diri pada remaja yaitu identity diffusion/ confussion, moratorium, foreclosure, dan identity achieved . Karakteristik remaja yang sedang berproses untuk mencari identitas diri ini juga sering menimbulkan masalah pada diri remaja.

Gunarsa (1989) merangkum beberapa karakteristik remaja yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada diri remaja, yaitu:

1. Kecanggungan dalam pergaulan dan kekakuan dalam gerakan.
2. Ketidakstabilan emosi.
3. Adanya perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
4. Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.
5. Pertentangan di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan-pertentang dengan orang tua.
6. Kegelisahan karena banyak hal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya.
7. Senang bereksperimentasi.
8. Senang bereksplorasi.
9. Mempunyai banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
10. Kecenderungan membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok.

Berdasarkan tinjauan teori perkembangan, usia remaja adalah masa saat terjadinya perubahan-perubahan yang cepat, termasuk perubahan fundamental dalam aspek kognitif, emosi, sosial dan pencapaian (Fagan, 2006). Sebagian remaja mampu mengatasi transisi ini dengan baik, namun beberapa remaja bisa jadi mengalami penurunan pada kondisi psikis, fisiologis, dan sosial. Beberapa permasalahan remaja yang muncul biasanya banyak berhubungan dengan karakteristik yang ada pada diri remaja.

Para pakar psikologi menyatakan bahwa disetiap tahap perkembangan manusia akan ada sesuatu yang dinamakan tunutan psikologis, apabila tuntutan tersebut tidak berhasil dipenuhi, maka akan muncul dampak yang secara signifikan dapat menghambat kematangan psikologisnya di tahap-tahap yang lebih lanjut. Berikut adalah tuntuan psikologis pada remaja menurut para pakar:

  • Remaja dapat menerima keadaan fisiknya dan dapat memanfaatkannya secara efektif

             Sebagian besar remaja tidak dapat menerima keadaan fisiknya. Hal tersebut terlihat dari penampilan remaja yang cenderung  meniru penampilan orang lain atau tokoh tertentu. Misalnya si Dewi merasa kulitnya tidak putih seperti bintang film, maka Dewi akan berusaha sekuat tenaga untuk memutihkan kulitnya. Perilaku Dewi yang demikian tentu menimbulkan masalah bagi dirinya sendiri dan orang lain. Mungkin Dewi akan selalu menolak bila diajak ke pesta oleh temannya sehingga lama-kelamaan Dewi tidak memiliki teman, dan sebagainya.

  • Remaja dapat memperoleh kebebasan emosional dari orang tua

             Usaha remaja untuk memperoleh kebebasan emosional sering disertai perilaku “pemberontakan” dan melawan keinginan orang tua. Bila tugas perkembangan ini sering menimbulkan pertentangan dalam keluarga dan tidak dapat diselesaikan di rumah , maka remaja akan mencari jalan keluar dan ketenangan di luar rumah. Tentu saja hal tersebut akan membuat remaja memiliki kebebasan emosional dari luar orangtua sehingga remaja justru lebih percaya pada teman-temannya yang senasib dengannya. Jika orang tua tidak menyadari akan pentingnya tugas perkembangan ini, maka remaja Anda dalam kesulitan besar. Hal yang sama juga dilakukan remaja terhadap orang-orang ‘yang dianggap sebagai pengganti orang tua’, guru misalnya.

  • Remaja mampu bergaul lebih matang dengan kedua jenis kelamin

gejala-remaja

             Pada masa remaja, remaja sudah seharusnya menyadari akan pentingnya pergaulan. Remaja yang menyadari akan tugas perkembangan yang harus dilaluinya adalah mampu bergaul dengan kedua jenis kelamin maka termasuk remaja yang sukses memasuki tahap perkembangan ini. Ada sebagaian besar remaja yang tetap tidak berani bergaul dengan lawan jenisnya sampai akhir usia remaja. Hal tersebut menunjukkan adanya ketidakmatangan dalam perkembangan remaja tersebut.

  • Mengetahui dan menerima kemampuan sendiri

             Banyak remaja yang belum mengetahui kemampuannya. Bila remaja ditanya mengenai kelebihan dan kekurangannya pasti mereka akan lebih cepat menjawab tentang kekurangan yang dimilikinya dibandingkan dengan kelebihan yang dimilikinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa remaja tersebut belum mengenal kemampuan dirinya sendiri. Bila hal tersebut tidak diselesaikan pada masa remaja ini tentu saja akan menjadi masalah untuk perkembangan selanjutnya (masa dewasa atau bahkan sampai tua sekalipun).

  • Memperkuat penguasaan diri atas dasar skala nilai dan norma

             Skala nilai dan norma biasanya diperoleh remaja melalui proses identifikasi dengan orang yang dikaguminya terutama dari tokoh masyarakat maupun dari bintang-bintang yang dikaguminya. Dari skala nilai dan norma yang diperolehnya akan membentuk suatu konsep mengenai harus menjadi seperti siapakah “aku” ?, sehingga hal tersebut dijadikan pegangan dalam mengendalikan gejolak dorongan dalam dirinya. Maka penting bagi orang tua dan orang-orang ‘yang dianggap sebagai pengganti orang tua’ untuk mampu menjadikan diri mereka sendiri sebagai idola bagi para remaja tersebut.

Penyebab Galau

download (2)

    Galau, galau, galau. Dimana-mana galau. Tak ada seharipun tanda lihat dan denger kata galau. Atau jangan-jangan enggak ada sehari tanpa rasa galau? Wah, gawat tuh.. haahhahaha. Berikut adalah penyebab-penyebab galau dan cara mengatasinya, selamat membaca..

1.      Kesepian

Mengatasi-Rasa-Kesepian1

Rasa sepi memang membuat kita sering galau dan juga merasa seakan engga ada orang lain di hidup kita dan juga kita berfikir kalau engga ada yg peduli lagi sama kita. Jenis kesepian memang beragam, mulai dari sepi karena enggak ada pacar, enggak ada temen, enggak punya orang special? Atau karena gebetan enggak ngasih respon positif? kesepian emang enggak enak, tapi sadarlah! Kita punya sahabat, keluarga, dan yang pasti Tuhan, yang selalu ada buat kita. So, kita engga bakal sendirian karena kita punya Tuhan,jadi kenali lah dia dan dekati dia karena pertolongan dari dia yang takan pernah pergi.

2.      Putus/kehilangan

crafts,diy,fabric,handmade,heart,love-88f7fedf15f5928b9fa98dfc71687c77_h

Kalo yang satu ini udah ada di top rank faktor galau. Bahkan galau karena putus bisa sampek berhari-hari, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun. Tapi percayalah, dibalik semua itu ada hikmahnya, kita bisa jadi lebih dewasa, dan yang pasti menambha pengalaman, sehingga kita enggak bakal jatuh 2 kali di lubang yang sama. Jadi, stay positif thinking ya guys, Move on! Move On! Jangan sampek hal itu membuat semua nya jadi terbengkalai, kita harus tetep menatap masa depan, yang lalu biarlah berlalu. Ok?!

3.      Di gantung

Menunggu jawab si dia atau menunggu d tembak oleh si dia.wow ini memang yg cukup sering terjadi,jadi kita akan merasa bosan dan akir nya bete,jadi nya kena deh yg nama nya GALAU ,jadi anda harus bisa terbuka dan frontal seperti anda sudah menyatakan cinta pada nya “kapan lu  bilang ia?” atau yg menunggu seperti (kalau bisa nyanyi) nanyi lah lagu Vierra – Terlalu lama,dan itu cukup memberi peringatan bagi sang di tunggu.

4.Suka

20081006214603

Suka ama orang namun kita engga berani mengungkapkan nya,ya ini juga yg sering bikin orang galau karena anda kepengen tp engga kesampean jadi nya cuma bisa ngeliatin dia ama ngeliatin fto nya dan juga yg lebih nyelekit lagi kalau anda tahu kalai dia udh ada yg punya.coba lah berusaha untuk mendapatkan dia,kalau memang engga dapet ya cbah lah untuk berpindah pada yg lain atau mencoba move on agar anda tidak terpuruk terus.

5.Cemburu

Jealous memang cukup besar pengaruh nya.dan itu juga yg bikin rang ampe lupa daratan ampe nyanyi – nyanyi engga jelas di WC atau di manapun,ngerokok ampe 7 bungkus,hah?!,bikin status galau yg nnti banyak di like ama orang wah banya yg pasti efeksamping nya bahaia seperti saya saking galau nya saya ampe frontal bikin twet tentang cewek yg saya galau in eh akirnya dia tau dan menarsa akira ampe berantem dan nambah galau,tapi sekarang udh baikan donk… ^^.yap jadi jangan lah jealous kalau dia memang bukan milik anda tp kalau dia sdh milik anda wajar lah jealous itu tanda sayag namun coba bilang ama si do i agar jangan terlalu deket ama dia and juga bikin komitmen atau peraturan yg di sepakati bersama.

6.Engga kesampean

Mwahahahaha…. *cirihas tertawa seperti Sima Yi(hero dalam Dynasty warriors).kasian amat nampak nya kepengen tapi engga kesampean,seperti pengen punya pacar tapi engga kesampean*seperti saya,pengen gadget yg canggih engga kesampean*seperti saya dan banyak lagi.memang ini sih ketemu nya galau dan juga agak menyiksa seperti di saat kita melihat orang berpacaran sedangkan kita engga punya pacar dan kita pengen banget eh jadi nya iri dan ketemu nya galau,atau lagi jalan – jalan ke mall ngelihat gadged mantep seperti iPhon 4s namun engga punya do it untuk beli kan ktemu nyamenghayal dan galau.berusahalah sabar dan coba lah berjuang untuk mendapatkan nya.SEMUA BUTUH PERJUANGAN DAN JUGA KESABARAN,kita harus berjuang dan juga sabar untuk meraih nya dan jangan lupa MEMINTA PADA YANG MAHA KUASA inssya allah apabila ia menghendaki maka akan dia kabulkan permintaan kita melewati jalan nya.

7.Iri

heart,love,photo,photography,type-58f940822c061ad75f9a5db30f7d5791_h

   Iri dan kepengen ngeliat orang yg lagi pacaran,ini sih termasuk kesepian dan juga engga kesampean jadi klo ngeliat orng lagi mojok jadi kepengen,ngeliat orang lagi peganggan tangan jadi kepengen namun engga ada pasangan jadi nya ketemu nya galaau.jadi coba lah anda jangan iri,itu memang rejeki dia punya pacar,IRI ADALAH SIFAT BURUK jadi jangan lah anda iri coba lah apa yg anda lihat jadi motivasi anda untuk memiliki atau menggapai apa yg anda inginkan

Move On

move-on

Buat para remaja-remaja zaman sekarang, kata Move On itu udah sering banget di denger telinga, yak an guys? Udah deh, jangan ngales! Siapa yang belum kenal Move on? Di luar sana orang-orang sering bilang “Move on itu gamapng banget kalo diucapin, tapi enggak buat dilakuin” Sebegitunya kah?

Orang mau move on itu juga butuh tekad, kalo kalian enggak punya tekad yang kuat, sampai kapan pun kalian juga enggak bakal move on. Sebenernya sih simple, move on itu lebih ke pilihan, kita masih pingin tetep suka sama orang dengan segala kegalaun yang akan kita dapatkan, apa kita mau stop mikirin dia dan mencoba buat move on. Emang aneh, tapi berjuta orang di dunia ini juga masih milih buat mempertahann perasaannya dengan segala kegalauan yang akan dia dapatkan. But, itu juga enggak salah kan, Life Is A Choice, Right?

Tapi enggak ada salahnya kita mencoba buat move on, walaupun awalnya emang berat, tapi apa salahnya di coba? Ini beberapa tips dari saya buat semua orang yang mau move on🙂

1. Stop dengerin lagu-lagu sedih

Biasanya orang galau itu seneng banget ndengerin lagu sedih, karena kadang ngerasa kisahnya sama. Tapi, mulai sekarang Stop nglakuin itu ya guys, lagu galau itu malah buat tambah mikirin kegalauan kita dan nambah level kegalauan kita guys. Lebih baik kalian ndengerin lagu semangat yang buat kalian lupa kalau lagi galau.

2. Bercermin dan Motivasi diri sendiri

Maksudnya disini adalah kalian instrokspeksi diri aja, tanyain ke diri kalian : “Seburuk itu kan gue?” “Seberapa luar biasanya sih loe sampek buat gue kayak gini?” “Lihat aja, nanti gue bakal ketemu sama loe dengan tegap dan senyum lebar!” “Ngapain jug ague mikirin dan nangis buat orang yang bakan belum tentu inget Gue!” Nah, kata-kata kayak gitu bakal motivasi kalian kalo masih banyak yang lebih baik dan lebih pantes buat kalian.😀

3. Jangan tambah kegalauan

Kalau udah galau, jangan tambah sendirian dikamar sama nangis besesekan dan enggak mau main sama temen, lebih baik kalian keluar dan nggaul sama temen-temen kalian.

4. Lupakan masa lalu

Alasan orang move on emang beragam, ada yang enggak bisa ngelupain mantan, masih suka sama gebetan lama, atau punya gebetan yang enggak suka sama kita. Buat kasus ngelupain mantan, kalian jangan malah mikirin kenangan kenangan indah kalian dulu lho guys, ingat dan sadar! Itu masa lalu! Enggak bakal balik lagi, yak an? So, Move On!!

5. Hadapi dan Terima kenyataan

Hidup emang gitu guys, hadapi dan terima sepahit apapun kenyataannya, gebetan kalian enggak punya perasaan yang sama? That’s the fact right? Apa kalian harus maksa dan berlutut mewek-mewek dihadapan dia buat suka sama kalian? Enggak fungsi, belajar terima kenyataan dan jadilah orang yang ikhlas.

6. Stop Nge-Stalk dia

Mungkin ini bagian tersulit, 999 dari seribu orang galau pasti nge-stalk orang yang digalauin, ya kan? Kena deh?! Kalau kalian mau bener-bener move on, Stop Nge-stalk dia. Emang sih enggak bisa instan, awalnya kurangi kadarnya, lama-lama kalian juga udah biasa tanpa agenda nge-stalk itu.

7. Cari gebetan baru

Hahahaha, cara yang satu ini terbukti paling ampuh, dijamin buat para galauers, kalo udah fall in love sama orang lain, pasti lupa sama mantan atau gebetan lama. Dia pasti bakal ngelupain kenangan masa lalunya. Itu udah pasti, dan nyata.
Dan ya.. itu lah yang tips-tips move on menurutku. Ok, tetep semangat buat move on ya guys. Life must go on! Ganbatte!!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: