A Very First Month Being Home

5 Oct

Written by: Nuril Hidayati, 2416100026.

1472698217629

Akhir Agustus 2016, ribuan jiwa merasakan euforia menjadi mahasiswa baru di ITS, kampus perjuangan. Memasuki gerbang perkuliahan di ITS adalah salah satu pengalaman paling bersejarah yang pasti akan terkenang selama kehidupan seseorang. Untukku dan angkatan 2016, Teknik Fisika akan menjadi tempat dimana kenangan itu banyak ditorehkan selama kurang lebih empat tahun ke depan. Seperti yang lalu-lalu, memasuki suatu lingkungan baru selalu membutuhkan usaha lebih untuk beradaptasi. Sempat terbesit suatu keraguan, apakah proses itu akan berlangsung begitu lama.

Tapi ternyata, angkatan 2016 adalah hal yang sama sekali lain dari semua hal negatif itu. Bersama mereka aku menemukan arti bahwa kebersamaan dapat membuat sesuatu terasa-setidaknya-lebih mudah. Mereka selalu ada untuk satu sama lain. Menghadapi semua hambatan dan kesulitan dengan semangat yang selalu terjaga. They are home, for the next four years.

Solidarity forever, indeed.

Salah satu rangkaian kegiatan penting yang harus dilewati mahasiswa baru ITS adalah mengikuti OKKBK. Empat hari di OKKBK (Orientasi Keilmiahan & Keprofesian Berbasis Kompetensi) ternyata sarat manfaat. Tidak hanya sekedar materi, tapi juga nilai-nilai kedisiplinan, kebersamaan, konsistensi, dan bertangggung jawab atas dirinya sendiri. Sungguh luar biasa dapat bertemu dengan orang-orang hebat disana, bertemu pembicara yang memotivasi, dan mendapat materi yang tidak mungkin bisa didapatkan tanpa gelar sebagai mahasiswa baru Teknik Fisika ITS 2016.

Satu lagi kegiatan dan tradisi unik yang ada disini, adalah Tasyakuran Wisuda. Alkisah, Teknik Fisika merasakan TW 114 pada tanggal 25 September lalu. TW di ITS sangat jauh dengan kesan kolot, hening, atau membosankan. One of the most exciting part adalah ketika para wisudawan dikarak dari Graha menuju Jurusan. Dengan toga yang telah  diusahakan dengan jerih payah selama ini, wisudawan sangat lantang mengumandangkan Vivat TF bersama. Sungguh meriah, haru, dan tentunya akan menjadi perpisahan manis yang tekenang.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: